Kamis, 29 November 2012

Passive Matrix dan Active Matrix



  • Passive Matrix
Passive Matrix adalah teknologi penampilan warna dengan menggunakan sebuah lapisan Liquid Crystal Diode (LCD) di atas kisi-kisi kawat untuk memberikan daya pixel ketika dialuri arus listrik.
  • Active Matrix
Sama halnya seperti passive Matrix, pada Active Matrix ini juga layar panel datar diletakan diatas kisi-kisi kawat. tp perbedaannya pada Active Matrix ini, arus listrik dialirkan ke berbagai sisi pada kisi-kisi kawat. sehingga tampilan yang dihasilkan lebih cerah dan dapat dilihat dari segala arah. berbeda dengan passive matrix yang hanya cuma dari satu arah.
Passive-Matrix Color Display
Kebanyakan handphone layar berwarna awalnya menggunakan teknologi passive-matrix ini. Teknologi ini menggunakan sistem kawat yang berupa vertikal dan horizontal untuk memberi daya/menerangkan sebuah pixel. Tipe layar ini lebih murah dibandingkan dengan TFT (Thin Film Transistor). Tapi mempunyai kelemahan di respon yang agak lambat, qualitas tampilan kurang optimal dan kurang terang jika dibandingkan dengan tipe layar active-matrix.
Yang menggunakan teknologi passive-matrix antara lain:
* STN (Super Twisted Nematic).
* CSTN (Colour Super Twisted Nematic). Merupakan tipe perbaikan dari
 teknologi STN, memiliki respons dan ketajaman warna yang lebih baik dari STN, hampir mendekati kualitas TFT.
3. Active Matrix Color Display
Active matrix memanfaatkan teknologi TFT (Thin Film Transistor) yang pada umumnya dipakai untuk notebook. Layar TFT menempatkan transistor di tiap-tiap pixel layar yang mampu dinyalakan dan dimatikan secara individual, sehingga menghasilkan tampilan gambar yang lebih tajam, terang, dan respon yang sangat cepat. Tetapi layar TFT mempunyai kelemahan yakni lebih mahal dan lebih mengonsumsi daya batterai. TFT adalah jenis LCD yang paling banyak digunakan hingga saat ini.
Tipe layar lain yang termasuk active-matrix adalah TFD (Thin Film Diode), sama dengan TFT yaitu menempatkan diode ditiap pixel layar. TFD mengkombinasikan teknologi kualitas gambar dan kecepatan respon yang sangat baik dari TFT, dengan konsumsi daya rendah dan biaya lebih rendah dari STN.
Perbedaan Active Matrix Color Display dengan Passive Matrix Color Display.
1.   Passive Matrix adalah teknologi penampilan warna dengan menggunakan sebuah lapisan Liquid Crystal Diode (LCD) di atas kisi-kisi kawat untuk memberikan daya pixel ketika dialuri arus listrik. Sedangkan Active Matrix ini juga layar panel datar diletakan diatas kisi-kisi kawat. tapi perbedaannya pada Active Matrix ini, arus listrik dialirkan ke berbagai sisi pada kisi-kisi kawat.
2.   Tampilan pada active matrix yang dihasilkan lebih cerah dan dapat dilihat dari segala arah. Sedangkan passive matrix yang Tampilan kurang begitu cerah dan hanya cuma dapat dilihat dari satu arah,lurus dari depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar