Rabu, 17 Oktober 2012

Pemrograman Bahasa Rakitan / Assembly Language

Sistem komputer itu terdiri dari 3 elemen yaitu : Hardware, Software, Brainware.
  1. Hardware
Bermacam-macam aktivitas komputer pada intinya yang bekerja adalah hardware. Karena hardware adalah salah satu elemen komputer yang betul-betul riil, yaitu bisa kita lihat dan sentuh secara fisik. Ada yang terbentuk dari bahan elektris maupun non elektris. Elemen itulah yang sebetulnya secara inti bekerja sehingga komputer bisa menghasilkan keluaran berupa informasi.
  1. Software
software merupakan susunan perintah yang dibuat oleh manusia kemudian ditanamkan kedalam media penyimpan yang nantinya akan dipindahkan ke dalam pengolah (processor) untuk melakukan tugasnya mengatur dan memerintahkan para hardware untuk bekerja. selain itu softwarepun berfungsi sebagai media perantara atau dikenal sebagai salah satu interface bagi brainware.
  1. Brainware
Brainware atau programmer adalah menyusun perintah terus ditanam ke dalam media penyimpanan. Maka dari itu, para brainware bisa memerintahkan si hardware untuk bekerja dan menghasilkan apa yang diinginkan karena perintah-perintahnya sudah disusunkan oleh si programmer.
Bahasa pemrograman punya level atau tingkatan :
  1. Bahasa Tingkat Tinggi (Ex. Delphi, VB, PHP)
  2. Bahasa Tingkat Menengah (Ex. C/C++)
  3. Bahasa Tingkat Rendah (Rakitan/Assembly)
Kalau mau tambah lagi levelnya ada 1 lagi, yaitu Tingkat Sangat Rendah yaitu Bahasa Mesin.
Untuk High Level (Tingkat Tinggi) lebih dekat ke Brainware sedangkan Low Level (Tingkat Rendah) lebih cenderung ke Hardware. artinya untuk High Level akan lebih banyak menggunakan bahasa yang dimengerti oleh manusia, Middle Level alan bercampur antara bahasa manusia dengan kode mesin, sedangkan Low Level akan menggunakan bahasa yang lebih dekat dengan mesin namun masih belum 100% berkode mesin. Kelebihan memakai bahasa rakitan :
  1. Ukuran program lebih kecil, sehingga bisa ngirit media penyimpanan
  2. Lebih dekat dengan hardware, sehingga kita bisa benar-benar memanfaatkan seluruh kemampuan komputer
  3. Bisa dibuat modular alias terpisah-pisah
  4. Memiliki fasilitas makro
Selain kelebihan-kelebihan diatas, Bahasa Rakitan dapat diterapkan tidak hanya pada Personal Computer saja melainkan bisa kita gunakan sebagai program dari mikrokontroler.Selain kelebihan-kelebihan diatas, Bahasa Rakitan dapat diterapkan tidak hanya pada Personal Computer saja melainkan bisa kita gunakan sebagai program dari mikrokontroler.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar